Saturday 10 March 2012

Persyaratan Teknik Pengujian Reliabilitas Instrumen dengan Metode Belah Dua

Mencari nilai reliabilitas instrumen menggunakan berbagai teknik belah dua sangat digemari oleh peneliti. Di antara teknik-teknik mencari nilai reliabilitas instrumen, yang menggunakan metode belah dua dalam perhitungannya adalah menggunakan rumus Spearman-Brown (belah ganjil-genap atau awal-akhir), rumus Flanagan (belah dua ganjil-genap), dan rumus Rulon (belah awal-akhir). Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh mahasiswa adalah penggunaan teknik pengujian reliabilitas instrumen belah dua tanpa mengingat atau mempertimbangkan persyaratan yang harus dipenuhi.

Paling tidak ada dua persyaratan utama yang harus dipenuhi untuk menggunakan teknik pengujian reliabilitas instrumen belah dua, yaitu:
  1. Banyaknya butir pertanyaan atau butir soaldalam instrumen harus genap agar dapat dibelah.
  2. Antara belahan pertama dengan belahan kedua harus seimbang.
Persyaratan pertama cukup mudah untuk dipenuhi. Yang membutuhkan pertimbangan lebih yaitu persyaratan kedua. Padahal peneliti biasanya sering hanya mempertimbangkan persyaratan yang pertama dan mengabaikan persyaratan yang kedua (mengganggap bahwa persyaratan yang kedua sudah terpenuhi). Kedua belahan data dikatakan seimbang apabila jumlah butir pertanyaan sama dan pertanyaan tersebut mengungkap aspek yang sama. Untuk memperoleh belahan yang seimbang, peneliti harus sudah merancang sejak instrumen tersebut disusun. Peneliti membuat pertanyaan dalam jumlah genap untuk setiap aspek atau faktor. Dengan demikian, letak butir dapat disebar sedemikian rupa sehingga ketika melakukan pembelahan, data sudah pasti memiliki butir pertanyaan yang seimbang aspeknya.

Itulah persyaratan yang harus terpenuhi sebelum kita melakukan pengujian reliabilitas istrumen menggunakan teknik belah dua. Jadi pikirkan terlebih dahulu langkah apa yang harus di ambil sebelum menentukan teknik pengujian reliabilitas instrumen.

Sumber: Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment