Sabtu, 12 Januari 2013

Persyaratan Menentukan Teknik Analisis Statistik

Sebelum peneliti mulai melakukan analisis data, ada hal yang penting sekali untuk dipenuhi, tetapi sering dilupakan/diabaikan oleh peneliti. Hal penting itu adalah memperhatikan data yang akan diolah. Ini perlu dilakukan agar hasil dari penelitian lebih baik. Pemilihan teknik analisis data interval ditentukan oleh beberapa faktor, antara lain penyebaran datanya.

Penyebaran data adalah bagaimana data tersebut tersebar antara nilai paling tinggi dengan nilai paling rendah, serta variabilitas di dalamnya. Apabila data yang dianalisis berbentuk sebaran normal maka peneliti boleh menggunakan teknik statistik parametrik. Bila data yang diolah tidak menunjukkan sebaran normal maka peneliti harus menggunakan statistik non-parametrik. Sehingga pengujian normalitas sampel itu harus dilakukan. Itulah sebabnya untuk teknik-teknik tertentu, persyaratan normalitas data tersebut harus diperiksa terlebih dahulu untuk mengecek apakah data sudah memenuhi peryaratan yang dimaksud.

Selain persyaratan normalitas, juga diperlukan persyaratan homogenitas. Sampel-sampel yang berasal dari satu populasi dan diperkirakan sama, belum tentu keadaannya benar-benar sama. Apabila dua atau lebih sampel diperiksa dengan teknik tertentu dan menghasilkan hasil data yang homogen, maka dapat dikatakan bahwa sampel-sampel itu berasal dari populasi yang sama (keadaannya benar-benar sama).

Itulah syarat yang dibutuhkan sebelum menentukan teknik analisis data, harus diperhatikan dulu sebaran datanya, normal apa nggak.. Kalo normal pake teknik statistik parametrik, kalo gag normal pake aalisis statistik non-parametrik. Semoga tulisan ini bisa membantu anda....

Sumber: Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar