Sunday 15 September 2013

Kampung Inggris Pare

Hello, Guys....

Siapa sih yang nggak kenal kampung Inggris Pare??  Penduduk di seluruh pelosok Indonesia mengetahui tempat itu. Yeah, seperti namanya kampung Inggris, merupakan suatu kompleks tempat berkumpulnya lembaga-lembaga kursus, utamanya kursus bahasa Inggris. Bisa dikatakan bahwa Kampung Inggris ini merupakan miniaturnya Inggris. Kampung Inggris Pare ini terletak di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Gambar di samping merupakan gambar dari Garuda Park, terletak di Kecamatan Pare. Tempat ini berdekatan dengan wilayah Kampung Inggris.

Di kampung Inggris ini berdiri puluhan tempat kursus dengan berbagai spesialis. Spesialisasi yang disediakan masing-masing lembaga bervariasi seperti Speaking, TOEIC, TOEFL, IELTS, Grammar, Vocabulary, Writing, Pronoun, dll. Selain lembaga yang menyediakan kursus bahasa inggris, di kampung inggris ini juga terdapat kursus menjahit, kursus komputer, kursus bahasa arab, kursus bahasa mandarin, dll. Tapi jumlahnya hanya sedikit, sebab sesuai dengan namanya fokus utamanya terletak pada kursus bahasa Inggris.



Terkenalnya nama kampung Inggris Pare ini mengundang banyak pengujung untuk mencicipi rasanya kursus di tempat tersebut. Pengunjung yang datang berasal dari berbagai belahan Indonesia. Mulai dari Pulau Sumatera: dari Provinsi Aceh hingga Provinsi Lampung, Pulau Jawa: dari Provinsi Banten hingga Provinsi Jawa timur sendiri, Pulau Sulawesi, Kalimantan, NTT, NTB, Maluku, dll.

Umumnya yang datang ke Pare adalah peserta kursus yang berkepentingan, misalnya ingin lancar berbahasa Inggris untuk mencari kerja, ingin melanjutkan S2 baik di dalam negeri maupun luar negeri, ingin go Internasional, ingin lulus tes TOEFL, TOEIC, IELTS, dll. Akan tetapi, terdapat pula peserta kursus yang datang hanya untuk menghabiskan waktu liburan dan mencari pengalaman. Peserta terbanyak yaitu peserta lulusan S1 yang belajar untuk mengisi kekosongan, maupun sambil mengunggu lowongan kerja.

Banyaknya peminat kursus dilihat dari keefektifan pembelajarannya yang berlangsung secara terus-menerus. Bahkan dari bangun tidur hingga akan berangkat tidur lagi. Pembelajarannya juga tergolong santai tapi mengena. Fasilitas pendukung adalah tempat camp sebagai tempat tinggal peserta kursus yang mengharuskan adanya komunikasi dengan bahasa Inggris sepanjang waktu. Biaya kursus yang murah jika dibandingkan dengan di tempat asal. Biaya hidup (makan minum) yang katanya murah di beberapa tempat tertentu. Suasana kekeluargaan yang terjalin di camp maupun di kos yang membuat peserta kursus betah.

Kenyamanan-kenyamanan yang ditawarkan tersebut membuat peserta yang telah selesai mengikuti kursus ikut mengundang peserta yang lainnya untuk datang. Seperti saya ini, hehehe... Kampoeng Inggris is a wonderful place to learn english language. So, I help promote this place via Web blog.

Selama di sana, saya juga sempat bertanya kepada salah satu teman yang berasal dari Makassar.
"Why you go to Kampung Inggris in this holiday?? "
Dia berkata: "Because kampung Inggris is famous in my place. Before holiday, every students in my campus always told about kampung Inggris. So, I interested to join, too."

Nah, itulah, seluruh penduduk di luar Jawa Timur terkesan dengan adanya kampung inggris. Mereka berbondong-bondong untuk mendatanginya. Namun betapa anehnya jika warga Jawa Timur sendiri kurang mengenal kampung Inggris. Lebih banyak pendatang yang berasal dari Luar Jawa Timur. Sehingga melalui web ini saya juga ingin menarik minat warga yang tinggal di Jawa Timur juga.

Okay Guys, sementara itu dulu yach info mengenai kampung inggris. Dijamin menarik... Semoga posting saya ini dapat menbantu Anda semua yang sedang galau untuk menentukan berangkat atau tidak. Jawaban saya adalah Berangkatlah!! Apalagi sudah didukung oleh ortu Anda. Kesempatan tidak datang dua kali brow. Anggaplah itu sebagai pengalaman. Karena setiap pengalaman itu pastilah berharga dan bermanfaat bagi kehidupan Anda... Silahkan tinggalkan komentar apabila ada yang kurang jelas. Kunjungi halaman web kampung inggris untuk menentukan pilihan lembaga kursus melalui link berikut:http://kampung-inggris.com/ dan http://kampunginggris.in/. Like di facebook kampung Inggris untuk mencari info: https://www.facebook.com/infopare.

Artikel Terkait

9 comments:

  1. Replies
    1. kalau ada kesempatan datang saja... buat pengalaman..

      Delete
  2. Hallooo mba. Kok gak ada kelanjutan pengalaman selama di Pare nih? hihihi. berjalan lancar gak mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halloo juga... Hehe, sorry yah, masih berkutat dengan kesibukan nih.. Semoga bentar lagi bisa nulis lanjutannya.. Yang jelas pengalaman selama di sana sangat menyenangkan, lebih dari apa yang saya harapkan awalnya... Tunggu kelanjutannya ya... Trims...

      Delete
  3. Wah,thx atas sharingnya

    Jadi ngingetin aktifitas dulu waktu masih di Kampung Inggris Pare yang kadang lucu, bosen, sedih n mengasyikkan. Pada akhirnya lebih banyak asyiknya sih.

    Salam kenal dan semoga sukses selalu :D

    ReplyDelete
  4. Belajar bahasa inggris langsung praktek memang bikin cepat menguasai...

    ReplyDelete