Thursday 7 June 2012

Membiakkan Tanaman Anggur

Sobat, Bagaimanakah cara membiakkan tanaman anggur? Apakah menanam/membiakkan tanaman anggur itu sulit? Dengan bagian apakah tanaman anggur dibiakkan?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dijawab bila kita mengetahui cara tanaman anggur berkembangbiak. Tanaman anggur dapat berkembangbiak dengan cara generatif dan vegetatif. Pembiakan secara generatif dapat dilakukan melalui bijinya. Sedangkan pembiakan dengan cara vegetatif dilakukan dengan cara stek. Pembiakan melalui biji membutuhkan waktu yang lama. Kualitas buahnya pun belum tentu sama dengan induknya. Pembiakan dengan cara stek memerlukan waktu yang singkat. Jangka waktu untuk membuahkan pun juga singkat. Kualitas buah yang dihasilkan sama dengan induknya.


Pembiakan dengan stek cukup mudah dilakukan. Setelah anda memangkas batang dan daun pada waktu membuahkan, batang tersebut jangan langsung dibuang. Pilihlah batang yang berusia tua berwarna coklat (jangan yang berwarna hijau) dengan diameter sekitar 1 cm. Buanglah daun dari batang tersebut. Potong batang tersebut dengan ukuran kurang lebih 10-15 cm (terdapat 2-3 tunas per batang). Tanam batang tersebut pada gelas aqua yang sudah dilubangi bawahnya. Siram batang tersebut setiap hari, letakkan di tempat yang sejuk. Selang beberapa hari batang anggur tersebut akan berakar dan dari tunas-tunasnya tumbuh semai daun. Setelah berupa tanaman (cukup akar dan daun), tanaman anggur dalam gelas aqua tersebut siap untuk dipindahkan ke tanah yang lebih luas agar bisa berkembang dengan baik. Jangan lupa rawat selalu tanaman anggur anda.

Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, tanaman anggur memerlukan tempat untuk merambat. Oleh karena itu, apabila tanaman anggur anda sudah agak tinggi, buatkan tempat sebagai sarana tanaman anggur untuk merambat. Hal ini perlu dilakukan agar tanaman anggur yang kita tanam dapat tumbuh dengan baik. Selain itu juga dilakukan untuk mencegah agar tanaman anggur tidak merambat ke segala arah dan mengganggu kelangsungan hidup tanaman lainnya. 

Menanam anggur juga perlu dipertimbangkan tempat penanamannya. Tempat menanam yang baik adalah menempatkan tanaman anggur di tempat yang terkena cahaya matahari secara langsung. Ini perlu dilalukan agar tanaman memperoleh cukup sinar untuk proses fotosintesis. Selain itu juga, pada saat membuahkan, tanaman anggur yang terkena sinar matahari secara langsung akan memproduksi banyak bunga. Jangan lupa untuk memberi pupuk juga ya? Pupuk dapat memberikan nutrisi untuk tanaman. Dengan pemberian pupuk, air, dan mendapatkan sinar matahari secara langsung tanaman akan tumbuh subur dengan produksi buah yang banyak.



Artikel Terkait

6 comments:

  1. kebetulan saya punya 2 jenis anggur yang gak tau namanya, 22nya berasal dari biji... kayaknya dah mau berumur 9bulanan jalan,., katanya kalo dari biji, 3tahon baru mau berbuah y, lama bener...

    ReplyDelete
  2. Iya, kebanyakan tanaman anggur gitu, yang stek punyaku dulu ja juga sekitar 3 tahunan..
    Pokoknya beri nutrisi yang cukup dan sinar matahari secara langsung..

    kalo ada sisa-sisa sayur bisa dipake tuh, buat tanaman yang masih kecil siram dengan air vitsin (jangan di coba untuk tanaman besar, habiz banyak tuh).

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang perlu adanya kesabaran kalo melihara tanaman, terutama yang asalnya dari luar negeri sana...
      punya saya sering saya kasih pupuk kandang, kompos juga, kulit pisang, kadang sisa seduhan teh...
      air vitsin? wah, baru tau ada gunanya juga vitsin... :D
      tq informasinya, akan segera saya coba, kebetulan sedang coba2 menumbuhkan kurma dari biji...
      o y, btw, salam kenal... :)

      Delete
    2. yupz, aq juga dapat info dari seseorang.... Selamat mencoba, semoga menunbuhkan kurmanya berhasil yah.. Salam kenal juga

      Delete
  3. Replies
    1. Waaah, menarik. mudah-mudahan bisa sampai berbuah ya. Butuh sinar matahari yang banyak. Di desa q juga ada tanaman kurma, tp karena cuaca n suhu sehari-hari yang kurang panas, sampai sekarang tidak berbuah..

      Delete