Wednesday 6 June 2012

Istilah-Istilah Penting pada Monitor

Dalam perkembangannya, komputer menyertakan berbagai istilah yang perlu untuk diketahui oleh pengguna. Hal ini dapat berguna ketika user ingin membeli hardware dengan ketentuan spek-spek tertentu. Sehingga pengguna tidak akan salah dalam membeli hardware. Berikut ini merupakan istilah-istilah penting yang berhubungan dengan hardware monitor.

  1. Ukuran Layar
  2. Adalah panjang diagonal layar, diukur dalam satuan inci degan ukuran yang bervariasi.

  3. Contrast Ratio
  4. Ukuran perbedaan tingkat kecemerlangan di antara yang putih, yang paling terang, dan yang paling gelap. Merupakan perbedaan antara daerah gelap dan daerah terang yang ada di layar. Biasanya, berkisar antara 200:1 hingga 500:1. Pada umumnya, semakin tinggi contrast ratio yang dimiliki oleh monitor LCD, semakin baik kualitas gambar yang ditampilkan. Besar contrast ratio yang dianjurkan sekitar 300 sampai dengan 500.

  5. Viewable angle
  6. Merupakan sudut pandang terhadap monitor, yang menggunakan satuan derajat. Dengan kata lain, hal tersebut merupkan batasan sudut pandang maksimal yang dimiliki oleh monitor.

  7. Response Time
  8. Merupakan ukuran banyaknya frame yang dapat ditampilkan oleh monitor dalam satuan detik. Pada monitor LCD, hal ini akan menunjukkan bagaimana dengan cepat liquid cristal bisa berbelit, lalu tidak berbelit untuk tidak melewati atau menghalangi lampu setiap pixel.

  9. Pixel
  10. Picture element atau elemen terkecil citra digital yang bisa dilihat mata. Sensor citra secara fisik (dua dimensi) dibuat dari rangkaian ribuan sel yang peka cahaya. Setiap sel disebut pixel. Pada monitor atau display komputer, pixel alah titik-titik cahaya yang membentuk objek di layar komputer. Semakin banyak jumlah pixel dalam suatu citra, semakin besar resolusi spasial citra tersebut.

  11. Dot Pitch
  12. Dot pitch merujuk pada jarak, dalam milimeter, antara titik-titik yang berdampingan dan sama warnanya pada monitor. Dot pitch merupakan kerapatan pixel atau picture element. Umumnya, jika jaraknya semakin dekat, gambarnya semakin tajam. Dengan kata lain semakin rapat pixel, semakin halus dan tajam tampilan yang dihasilkan oleh monitor. Jadi semakin rendah dot pitch, semakin bagus kualitasnya.Sebaiknya, pilih monitor yang memiliki nilai dot pitch kurang dari 0,28 mm.

  13. Resolusi
  14. Resolusi adalah banyaknya pixel yang terdapat dalam gambar. Semakin besar resolusinya, gambar yang akan ditampilkan semakin detail. Contoh, monitor dengan resolusi 1.280 x 1.024 pixel berarti bahwa terdapat 1.024 garis yang dibuat dari atas ke bawah dan setiap garis tersebut terdiri atas 1.280 pixel yang terpisah.

  15. Refresh Rate
  16. Refresh rate adalah berapa kali pistol elekron menembakkan elektron ke layar. Refresh rate diukur dalam satuan Hertz (Hz). Sebaiknya, monitor yang memiliki refresh rate sebesar 72Hz atau lebih tinggi. Refresh rate yang rendah dapat menimbulkan kelelahan mata.

  17. Pixel Response Rate
  18. Pixel response rate adalah banyaknya waktu yang dibutukan sebuah pixel untuk aktif atau tidak. Pada umumnya, pixel response rate diukur dalam satuan ms (millisecond). Semakin kecil rata-rata waktunya, semakin baik pula kualitas gambar yang ditampilkan LCD.

  19. Dead Pixel
  20. Pixel yang terdapat di suatu tempat di layar tidak berubah warnanya ketika suatu gambar ditampilkan berbeda-beda warnanya. Dead pixel merupakan salah satu masalah yang sering terjadi pada monitor LCD. Ciri-ciri LCD mengalami dead pixel adalah dengan memperhatikan setiap bagian layar dengan tampilan layar warna putih polos dan warna hitam. Pastikan tidak ada warna yang tertinggal atau warna yang ditampilkan oleh layar sesuai.

  21. Luminance
  22. Istilah ini menunjukkan tingkat kecerahan (brightness) yang dimiliki monitor LCD. Luminance diukur dalam satuan candela atau bisa disebut dengan nits. Semakin besar nits yang dimiliki monitor LCD, semakin bagus dan enak suatu gambar dilihat. Kisaran nits yang dimiliki monitor LCD biasa adalah 170 nits dan pada monitor LCD kelas atas berkisar sampai 300 nits.


Sumber: M., Hasyim. 2008. Buku Pintar Komputer.Jakarta: Kriya Pustaka



Artikel Terkait

1 comment: