Monday 16 September 2013

Struktur HTML dan fungsinya

Hai sobat...
Pada posting saya kali ini akan mengulas mengenai salah satu bahasa pemrograman web, yaitu pemrograman menggunakan bahasa HTML. HTML (Hyper Text Markup Language) menurut versi saya merupakan suatu bahasa atau kode yang digunakan untuk membangun dan mengembangkan sebuah web. Tentunya para programer telah mengenal bahasa HTML. Tapi, tak apalah, saya akan berbagi informasi sambil menyimpan memori saya melalui blog ini. Semoga informasi ini dapat membantu siapa saja yang mulai belajar mengenai pemrograman web.

Posting ini membahas mengenai struktur HTML serta fungsinya.  Suatu dokumen HTML dibangun berdasarkan suatu struktur. Struktur ini harus ada dalam file HTML. Apabila salah satu bagian dari struktur ini diabaikan / tidak tercantum dalam file HTML, maka file HTML tersebut tidak dapat dijalankan di web browser.


Web browser merupakan suatu aplikasi untuk membuka halaman website. Contoh dari web browser yang sering digunakan dan compatible/cocok untuk diterapkan dengan berbagai bahasa pemrograman web adalah mozilla firefox.

Ok, lanjut lagi. Struktur HTML terdiri dari <html> (tag html), <head> (tag head), dan <body> (tag body). Perhatikan bagan berikut:

<html>
<head>
<title>
Judul Web
</title>
</head>
<body>
Isi Web
</body>
</html>

Suatu dokumen html harus memuat struktur tersebut (lihat bagan di atas). Bagian-bagian struktur tersebut memiliki fungsi masing-masing:
  1. html
    <html> (tag html) merupakan tag pembuka html yaitu awal dari dokumen html. html selalu memiliki tag pembuka dan tag penutup. Tag penutup html yaitu </html> yang merupakan akhir dari dokumen html.

  2. head
    <head> merupakan tag tempat meletakkan informasi header. Pada tag ini terletak tag title, tag informasi web: meta, tag link dengan dokumen bahasa pemrograman lain seperti css, javascript, php, dll. Tag head ini juga memiliki tag penutup, yaitu </head>.

  3. title
    <title> merupakan tag untuk mendefinisikan judul web. Tag ini juga memiliki tag penutup, yaitu </title>.

  4. body
    <body> merupakan tag sebagai tempat untuk meletakkan seluruh isi web. Tag penutup dari tag ini adalah </body>. Seluruh isi web yang akan dibuat dikerjakan di dalam tag body, yaitu antara tag pembuka dan tag penutupnya.
Setelah mencakup seluruh bagian struktur tersebut, langkah selanjutnya yaitu menyimpan file tersebut dengan type .html, misalnya: pertama.html. Setelah disimpan jalankan file di web browser. Judul web tampak pada bagian tab, sedangkan seluruh isi body ditunjukkan pada bagian isi web. Inilah hasilnya:


Ok sobat, sekian dulu penjelasan dari saya. Terimakasih telah mampir di blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk saran dan kritik yang membangun atau apabila ada pertanyaan lebih lanjut. Kita sama-sama belajar sobat...

Artikel Terkait

6 comments: