Thursday 19 September 2013

Melacak Rute Jalur Alamat IP

Hai sobat, ayo kita belajar jaringan lagi yaa..

Artikel yang saya posting ini adalah mengenai melacak alamat IP dan rutenya dengan menggunakan fasilitas traceroute pada website Central Ops.Net. Website ini digunakan untuk utilitas internet secara online. Pada saat membuka alamat website ini, IP dari internet yang Anda gunakan sudah tercantum secara otomatis. Misalnya, saya mengakses internet menggunakan modem dengan kartu Axis, maka IP yang saya gunakan sudah otomatis tercantum. Ok, mari kita lanjutkan...

TRACEROUTE DARI CENTRALOPS.NET KE ALAMAT IP USER
Untuk melakukan pelacakan alamat IP, yang perlu Anda lakukan adalah buka alamat website Centralops.Net, alamat IP Anda muncul secara otomatis, klik Traceroute pada bagian utilities, link sebelah kiri (Lihat pada Gambar), pilih require IPv4, dan klik Go. Setelah itu, hasilnya akan muncul (lihat gambar).


Hasil Pelacakan:


Traceroute dari centralops.net ke alamat IP saya, dari hasil tersebut diketahui bahwa terdapat 13 hop. Dengan melalui 13 alamat IP per hop.


MENGETAHUI INFORMASI UMUM ALAMAT IP YANG TERLACAK UNTUK MASING-MASING HOP


Untuk melacak informasi masing-masing IP Address hasil traceroute dari centralops.net hingga ke user dapat dilakukan melalui situs web whatismyipaddress.com. Mengecek lokasi dan informasi alamat IP dilakukan dengan memasukkan masing-masing alamat IP yang terlacak pada masing-masing hop ke textbox yang tersedia pada situs tersebut, kemudian klik Lookup IP Address untuk menampilkan informasinya. Lihat gambar di bawah ini:


Informasi yang dihasilkan dari alamat IP tersebut adalah sebagai berikut:




 Informasi yang dihasilkan berupa IP, nama host, ISP, perusahaan yang menangani, Informasi geologis dan peta geologisnya.

Hasil informasi dari IP hop ke 9 adalah:




Alur Lokasi Traceroute dari Alamat IP hop ke 13 hingga hop ke 1:
Surabaya (Indonesia), Makassar (Indonesia), Makassar (Indonesia), Singapura, Englewood (Colorado, US), Englewood (Colorado, US), Englewood (Colorado, US), Englewood (Colorado, US), Dallas (Texas, US), Dallas (Texas, US), Houston (Texas, US), Houston (Texas, US), Houston (Texas, US).

Ok, guys... Sekian dulu penjelasan mengenai pelacakan alamat IP dari saya. Untuk kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Tolong tinggalkan saran, kritik, komentar pada bagian kotal komentar. Nih saya juga masih baru belajar sobat... Terimakasih atas perhatiannya ya...

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment