Thursday 10 November 2011

Mematikan Fungsi Autoplay pada Windows XP


Mungkin sudah banyak yang mengetahui cara mematikan sistem Autoplay pada windows XP. Tapi tak apalah,  sekedar untuk catatan pengingat agar tidak lupa cara penggunaannya serta berbagi informasi bagi pengguna lain yang belum mengetahuinya. Mengingat kegunaan dari mematikan fungsi autoplay yang sangat penting untuk mencegah menyebarnya virus pada saat pengguna menancapkan Flashdisknya ke komputer. Gambar di samping merupakan contoh dari sistem Autoplay yang berjalan saat Flashdisk "falahk2" ditancapkan ke komputer.


Sistem Autoplay ini berhubungan dengan drive yang dihubungkan ke komputer. Jika sistem Autoplay ini dalam keadaan aktif, saat flashdisk ditancapkan ke komputer, maka komputer akan langsung men-detect keberadaan flashdisk. Autoplay flashdisk langsung dijalankan. Jika pada flashdisk tersebut bersarang virus, maka virus tersebut langsung menyebar ketika komputer men-detect flashdisk. Hal ini dikarenakan cara kerja penyebaran virus, prinsip penyebaran virus yaitu virus akan menyebar bila drive atau file tempat virus bersarang diakses oleh pengguna.

Berikut ini langkah-langkah untuk mematikan sistem Autoplay pada windows SP:
1.       Klik Start, Klik Run
2.       Ketik gpedit.msc, tekan OK
3.       Muncul jendela Group Policy



4.       Pada bagian Console Tree ( sebelah kiri), pilih Administrative Templates pada computer configuration, klik system, pilih Turn Off Autoplay pada bagian Setting.
5.       Double Klik pada Turn Off Autoplay. Muncul jendela Turn Off Autoplay Properties seperti gambar di bawah ini:



6.       Pilih Enabled, pilih All Drive pada bagian Turn off Autoplay on, klik OK.


7.       Lakukan langkah 4 dan 5 pada pada bagian user configuration.

Demikianlah langkah-langkah untuk mematikan sistem Autoplay pada windows XP. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi anda semua. SELAMAT MENCOBA

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment