Monday 7 November 2011

Cara Menambahkan Pilihan Lokasi Menu Send To pada Windows XP


Menu Send To merupakan suatu fasilitas yang berguna untuk menyalin suatu file dengan cepat, tetapi lokasi tujuan yang disediakan untuk tempat menyalin file tersebut hanya terbatas pada beberapa pilihan lokasi saja, yaitu My Documents, Flashdisk (jika sedang tertancap pada komputer), Desktop (untuk membuat shortcut pada desktop), Bluetooth, dll. Menu Send To ini dapat diaplikasikan dengan klik kanan pada file yang ingin disalin.
Biasanya menu Send To ini sering dimanfaatkan oleh pengguna untuk menyalin file hanya ke dalam flashdisk atau ke My Documents. Untuk kebutuhan proses  menyalin file dengan cepat, tentunya akan lebih memudahkan jika dalam menu Send To ini terdapat pilihan folder lokasi tujuan, sehingga akan dapat mempersingkat waktu untuk menyalin file ke dalam suatu directory tertentu dengan hanya melakukan klik kanan pada file/folder yang ingin disalin, pilih Send To, kemudian pilih folder tujuan.

Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk menambahkan folder lokasi tujuan ke daftar pilihan lokasi tujuan pada menu Send To:
1.      Klik Start, Run
2.      Setelah jendela Run terbuka, ketikkan explorer %userprofile%\sendto pada bagian Open
3.      Klik OK atau tekan Enter, sehingga Directory Send To akan terbuka.

4.      Klik kanan pada area kosong directory, pilih menu New, Shortcut. Sehingga jendela wizard untuk membuat shortcut baru akan terbuka.




5.      Klik Browse dan pilih lokasi folder tujuan yang ingin diletakkan pada menu Send To, misalnya folder movie.



6.      Tekan OK atau Enter, pilih Next untuk memberi nama shortcut, klik Finish. Sehingga akan terbentuk shortcut movie pada directory SendTo seperti pada gambar di bawah ini.



7.      Untuk mengecek hasilnya pada menu Send To, dapat dilakukan dengan cara klik kanan pada file/folder yang ingin disalin, pilih Send To, movie.

 

8.      Untuk mengembalikan seperti kondisi semula dapat dilakukan dengan cara menghapus shortcut yang sudah dibuat pada directory SendTo.

Dengan cara ini, menu Send To dapat disisipi dengan berbagai folder tujuan sesuai dengan keinginan Anda. SELAMAT MENCOBA, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca semuanya.
 

Artikel Terkait

1 comment: