Thursday 7 June 2012

Membuahkan Tanaman Anggur


Tanaman anggur merupakan suatu jenis tanaman merambat yang dimanfaatkan buahnya. Buah anggur disukai oleh banyak orang, mungkin karena rasanya yang khas “manis asem”. Terdapat berbagai macam jenis tanaman anggur. Tak jarang dijumpai tanaman anggur di rumah-rumah penduduk, terutama untuk anggur hijau. Hal ini disebabkan perawatan tanaman anggur yang mudah.

Akan tetapi bagi orang yang masih “awam”, baru bertanam anggur dan belum mengerti seluk beluk tanaman anggur pasti bertanya-tanya. “Bagaimanakah cara membuahkannya??, tanaman anggurku sudah berusia sekitar 4-5 tahun, mengapa belum juga berbuah?? Padahal saya ingin merasakan buah dari tanaman anggur yang ku tanam sendiri”. Anggur bukan termasuk buah musiman. So, anggur bisa berbuah kapan saja, asalkan kita rencanakan untuk berbuah. Nah.., pada kesempatan ini saya akan berbagi pengetahuan sedikit tentang cara membuahkan tanaman anggur. 


Cara untuk membuahkan anggur ternyata sangat simpel dan mudah dilakukan. Untuk membuahkan anggur yang harus dilakukan adalah memotong/memangkas habis seluruh daunnya. Baik daun yang sudah tua ataupun daun yang muda. Tentu saja batang yang masih muda (berwarna hijau) juga ikut dipotong. Dalam memotong, pilih batang yang berwarna coklat atau coklat agak hijau, lakukan pemotongan pada batang yang bercabang. 
Selang beberapa minggu setelah penggundulan pohon, batang pohon mulai bersemi. Ketika bersemi itulah, tanaman anggur memproduksi bunga secara besar-besaran. Setelah beberapa waktu, terjadi proses persilangan (pembuahan) yang membentuk buah. Langkah selanjutnya, anda hanya tinggal menunggu buah tersebut masak pohon (berwarna bening). Untuk anggur hijau, sebaiknya tunggu buah menjadi hijau kekuning-kuningan / kuning bening. Pada saat itu buah akan terasa manis.

Tips, tanaman anggur dapat berbuah kapan saja tidak tergantung musim. Jadi kapanpun anda ingin membuahkannya, tinggal memangkas habis daunnya. Selanjutnya, agar tanaman anggur lebat buahnya, perlu sinar matahari yang cukup saat mulai tumbuh semai daun dan bunga. Jangan lupa siram selalu tanaman anggur anda. Sisa sayuran bisa dijadikan sebagai pupuk. 



Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment