Friday 9 March 2012

Cara Mengatasi Virus Shortcut

Pernahkan komputer Anda terkena virus berjenis shorcut? Virus jenis ini mengubah semua folder menjadi bentuk shortcut. Sedangkan folder yang asli disembunyikan. Misalnya dapat anda lihat pada gambar di samping. Apabila komputer Anda terseran virus jenis ini tidak usah khawatir.

Virus shortcut merupakan virus yang tergolong sering menyerang PC. Virus ini banyak tersebar melalui perantara flashdisk. Virus ini menyamar sebagai shortcut dari folder. Flashdisk yang terinfeksi virus ini ditandai dengan berubahnya folder menjadi shortcut, sedangkan folder yang asli disembunyikan. Virus ini akan menyebar saat virus (dalam bentuk shortcut folder) dibuka. Jadi berhati-hatilah bila pada flashdisk anda terinfeksi  jenis virus ini. Bila menyebar ke PC virus ini menyerang System dari PC kita.

Saat ini virus shortcut sudah bisa di atasi dengan berbagai antivirus. Antivirus lokal seperti SMADAV juga sudah dapat mendeteksi dan menghapus virus ini. Akan tetapi, bila pada PC kita tidak ter-install antivirus sama sekali, virus tersebut juga bisa dihilangkan tanpa bantuan antivirus, yaitu dengan menghapus melalui command prompt.

Berikut ini langkah-langkah menghilangkan virus shortcut pada flashdisk melalui command prompt:
  1. Masukkan flashdisk ke PC, jangan buka flashdisk terlebih dahulu. 
  2. Buka jendela RUN. Klik Start, Run
  3. Ketikkan cmd, tekan Enter
  4. Ketikkan lokasi flashdisk pada PC. Misal lokasi flashdisk yaitu pada drive H. Maka ketikkan H: lalu tekan Enter
  5.  Setelah masuk pada drive H, langkah selanjutnya yaitu menghapus semua virus shortcut pada flashdisk (drive H) dengan cara ketikkan erase *.lnk kemudian tekan Enter.
    *.lnk menunjukkan semua file yang berupa shortcut.
    Erase merupakan perintah untuk menghapus .
    Jadi erase *.lnk adalah perintah untuk menghapus semua file yang berbentuk shortcut. 
  6. Coba buka flashdisk anda, semua virus shortcut sudah terhapus. Akan tetapi folder anda masih hilang. Sebenarnya folder tersebut tidak hilang, akan tetapi folder tersebut tidak nampak (hidden) karena disembunyikan oleh virus. Untuk menampilkan kembali folder anda ketikkan perintah berikut pada command prompt: attrib –s –h *.*/s /d, tekan Enter. Tunggu hingga semua folder dan file yang tersembunyi ditampilkan. 


  7. Ketikkan exit atau klik close pada jendela command prompt untuk keluar dari command prompt. Virus Shortcut pada flashdisk anda sudah terhapus
Demikianlah langkah-langkah untuk menghapus virus shortcut melalui command prompt. Selamat mencoba, Semoga Berhasil Kawan... Kunjungi artikel Meminimalkan Penyebaran Virus ke Komputer untuk mencegah atau meminimalkan penyebaran virus ke komputer.







  • Artikel Terkait

    3 comments: