Monday 18 May 2015

Membuat Animasi Kaca Pembesar dengan Adobe Flash

Hai Sobat....
Tak terasa sudah satu tahun lebih penulis vakum menuliskan artikel pada laman ini. Artikel yang pertama ini  membahas mengenai topik belajar membuat animasi kaca pembesar menggunakan software Adobe Flash. Semoga topik ini bisa menjadi awal yang baik agar penulis dapat menuliskan artikel-artikel yang lain di lain waktu.

Okay, Let's get back to the topic..
Kaca pembesar atau biasa juga disebut dengan lup merupakan alat untuk melihat obyek kecil agar tampak lebih besar dari ukuran normal. Nah, animasi 2D menggunakan software Adobe Flash memberikan fasilitas masking untuk mendukung pembuatan animasi kaca pembesar. Berikut ini merupakan contoh dan langkah-langkah pembuatannya.

  1. Bukalah file baru menggunakan program adobe flash, versi bebas (penulis menggunakan Adobe Flash CS3), pilih action script 2.0 atau 3.0 (bebas, belum masuk script).
  2. Buatlah 5 layer dengan susunan dari bawah ke atas sebagai berikut: teks kecil (Layer 1), Lup 2 (Layer 2), Teks Besar (Layer 3), Lup 1 (Layer 4), dan efek lensa (Layer 5).
  3. Klik frame 1 layer teks kecil, buatlah tulisan. Klik kanan pada frame 40, pilih insert frame.

  4. Frame 1 Layer teks besar berisi tulisan yang sama dan tempatnya juga sama, tetapi ukuran tulisan lebih besar dari teks kecil. Copy teks Animasi Lup. Klik pada Frame 1 layer teks besar, pilih menu edit, Paste in Place (Ctrl+Shift+V). Besarkan teks sambil menekan tombol shift supaya beraturan. Klik kanan frame 40, pilih Insert frame. Sekarang terdapat 2 teks yang bertumpuk. Untuk melihat hasil teks besar, klik hide pada layer teks kecil.


  5. Sekarang mulai pembuatan lup. Klik pada Frame 1 Layer lup 1. Buatlah obyek lingkaran yang menutupi teks besar (seperti pada gambar). Untuk pewarnaan lingkaran, lihat pada gambar.


  6. Copy lingkaran tersebut ke layer lup 2 dan layer efek lensa frame 1. Untuk menampilkan hasil copy pada tempat yang sama gunakan Ctrl+Shift+V.
  7. Klik kembali obyek lingkaran pada Layer lup 1. Tekan F8 dan ubah menjadi simbol grafik. Klik kanan frame 40, pilih Insert key frame (F6).
  8. Selanjutnya kita akan membuat lingkaran berjalan lurus ke sebelah kanan dengan cara geser lingkaran (sambil menekan shift) ke kanan sampai pada teks terakhir. Klik kanan di antara frame 1 dan 40, pilih Create Motion Tween.


  9. Klik kanan layer lup 1, pilih mask. Hasilnya tampak pada gambar


  10. Hilangkan tanda lock (gembok) pada layer lup 1 dan teks besar. Klik frame 1 layer lup 2. Besarkan lingkaran sambil menekan Shift sampai lebih besar sedikit dari pada lingkaran lup 1. Tambahkan pegangan lup (masih pada layer lup 2 frame 1). Ubah Obyek Lup (lingkaran+pegangan) menjadi simbol graphic dengan cara klik kedua objek dan tekan f8.


  11. Sekarang kita tambahkan animasi motion tween pada simbol lup. Klik kanan pada frame 40 layer Lup 2, pilih Insert Keyframe. Geser lup hingga teks paling kanan sambil menekan shift. Berilah animasi motion tween. tekan hide pada layer lup 1, untuk melihat hasil lup 2. Sampai langkah ini, pembuatan lup sudah berhasil. Tekan Ctrl+Enter untuk menjalankan animasi.


  12. Terakhir berikan efek lensa. Klik lingkaran pada layer efek lensa. Ubah menjadi simbol graphic. Pada bagian properties pilih color Alpha. Ubah tingkatan alpha menjadi 25%. Beri animasi motion tween seperti pada langkah 10.


  13. Jalankan animasi dengan menekan tombol ctrl+Enter.
Klik link dibawah ini untuk mengunduh modul ( file pdf), dan file animasinya (file fla):
Modul Animasi Kaca Pembesar
File Animasi Kaca Pembesar

Demikianlah tutorial cara membuat animasi kaca pembesar, semoga bermanfaat bagi Anda. Apabila Anda masih bingung atau terdapat langkah yang kurang jelas, mohon maaf yang sebesar-besarnya. Penulis dengan senang hati menerima pertanyaan, kritik, maupun saran yang membangun.  
Selamat Berkarya...
 

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment