Friday 3 December 2010

Printer Impact


Sering disebut sebagai hammer, karena pencetakan dilakukan dengan memukulkan sekelompok pin (jarum) ke pita tinta. Letak pin-pin ini sangat berdekatan sehingga membuat tampilan huruf relative tidak terputus. Jumlah pin yang ada berkisar antara 9 hingga 24 pin. Semakin banyak jumlah pin, maka hasil cetakan akan lebih halus, sekalipun tidak sehalus cetakan dengan printer ink-jet ataupun laser. Printer jenis ini seringkali berisik.
Yang termasuk kategori printer impact:
a)               a) Dot matrix (printer yang menggunakan kepala cetak berupa sekumpulan jarum).

 
b)              b) Daisy wheel  (printer yang menggunakan roda yang berisi karakter-karakter)


c)              c) Line Printer (printer yang mencetak satu baris per waktu)

  
Keunggulan printer ini terletak pada kemampuannya untuk mencetak pada kertas rangkap. Selain itu keandalan dan biaya operasionalnya yang murah membuat printer jenis ini banyak digunakan berbagai perusahaan. 
Karakteristik yang membedakan printer-printer jenis ini adalah sebagai berikut:

-          Kecepatan
Dinyatakan dalam CPS (characters per second),  yang besarnya berkisar dari 50 sampai 500 cps. Kecepatan ini juga bergantung kepada kualitas cetakan yang dikehendaki. Semakin tinggi kualitasnya maka kecepatannya akan menurun.

-          Kualitas Pencetakan
Kualitas pencetakan bergantung kepada jumlah pin yang dimiliki oleh printer. Printer dot-mtrix yang terbagus memiliki 24 pin dapat menghasilkan cetakan mendekati ketikan (letter-quality).

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment