Monday 11 February 2013

Istilah-Istilah dalam Interkoneksi Jaringan (Internetworking)

Pada artikel ini dibahas mengenai interkoneksi jaringan (internetworking). Internetworking merupakan berbagai jaringan yang saling dihubungkan satu dengan yang lainnya. Misalnya, dalam sebuah organisasi dapat memiliki lebih dari satu jenis LAN dalam suatu situs untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Sebuah organisasi dapat memiliki banyak LAN sama dalam satu situs untuk mendukung kebutuhan kinerja. Selain itu, sebuah organisasi dapat memiliki LAN di berbagai situs dan harus menghubungkan mereka (interkoneksi) melalui WAN untuk kendali pusat pertukaran informasi.



Berikut ini merupakan beberapa istilah yang berhubungan dengan internetworking:

Jaringan Komunikasi
Fasilitas yang menyediakan layanan perpindahan data antar perangkat yang terhubung ke jaringan.

Internet
Sekumpulan jaringan yang terinterkoneksi melalui bridge dan/atau router.

Intranet
Sebuah internet yang digunakan oleh organisasi tunggal yang menyediakan aplikasi-aplikasi Internet utama, terutama World Wide Web.

End System (ES)
Sebuah perangkat yang terhubung ke salah satu jaringan internet yang digunakan untuk mendukung aplikasi-aplikasi atau layanan-layanan pengguna akhir.

Intermediate System (IS)
Sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua jaringan dan memungkinkan komunikasi antar sistem-sistem akhir yang terhubung ke jaringan-jaringan berbeda.

Bridge
Sebuah IS yang digunakan untuk menghubungkan dua LAN yang menggunakan protokol LAN serupa. Bridge bekerja sebagai saringan alamat, mengambil paket-paket dari satu LAN yang ditujukan untuk tujuan pada LAN lain dan meneruskan paket-paket itu. Bridge tidak mengubah isi paket-paket itu dan tidak menambahkan apa pun ke dalam paket. Bridge bekerja pada lapisan 2 model OSI.

Router
Sebuah IS yang digunakan untuk menghubungkan dua jaringan yang mungkin serupa atau tidak. Router menggunakan protokol internet yang ada dalam tiap router dan tiap sistem akhir pada jaringan, Routing bekerja pada lapisan 3 Model OSI.

Sumber:
Stallings, William. 2005. Wireless Communications & Networks. New Jersey: Pearson Education, Inc.




Artikel Terkait

1 comment:

  1. alhamdulillah saya sudah mengerti apa itu artinya interworking setelah baca blog ini, terima kasih ya mba atas sharing ilmunya

    sangat bermanfaat untuk saya

    ReplyDelete