Tuesday 12 February 2013

Cara Membuat Partisi Harddisk di Windows 7

Pada kesempatan ini saya akan membagi pengetahuan saya dalam membuat partisi harddisk di windows 7. Walaupun saat ini windows 8 sudah muncul di pasaran, dan mulai dilirik oleh konsumen. Windows 7 masih banyak digunakan sebagai sistem operasi.

Posting kali ini berawal dari adek kos yang minta dibuatkan partisi harddisk di laptopnya, karena disk di laptopnya hanya terpartisi sebagai system saja. Padalah memori harddisnya besar, sekitar 320GB. Sehingga apabila dilakukan install ulang file yang ada di harddisk terancam hilang. Akan lebih baik apabila hardisk tersebut dipecah-pecah lagi menjadi beberapa partisi disk. Agar tidak lupa lagi cara melakukannya, maka tutorial ini saya posting di blog. OK, langsung saja.


Berbeda dengan Windows XP, pada Windows 7 sudah dilengkapi dengan fasilitas aplikasi pembuat partisi harddisk dengan aman, tanpa harus melakukan install ulang. Pembuatan partisi ini dapat dilakukan secara langsung melalui Computer Management.Urutan langkah-langkah dalam membuat partisi harddisk adalah sebagai berikut.

  1. Klik Kanan pada Icon My Computer, pilih Manage.


  2. Muncul jendela Computer Management seperti gambar di bawah ini, pilih Disk Management untuk membuat partisi. 



  3. Klik kanan pada disk yang akan dipartisi (misal Disk D), pilih Shrink Volume...



  4. Muncul jendela Shrink D:, isikan space (ukuran) harddisk yang akan dibuat pada bagian Enter the amount of space to shrink in MB: (Misal 100001 MB), Klik Shrink.



  5. Muncul space baru dengan alokasi disk 100001 MB (97,66 GB). Akan tetapi space ini masih berbentuk Free Space dan belum dapat digunakan karena belum dilakukan pemformatan.



  6. Klik kanan pada free space, pilih New Simple Volume...



  7. Muncul Jendela "New Simple Volume Wizard", selanjutnya klik Next >

  8. Tentukan volume disk dalam satuan MB, klik Next


  9. Tandai drive path untuk partisi harddisk baru dengan cara memilih pada bagian "Assign the following drive letter:" (Misal Drive G), klik Next



  10. Lakukan format volume , dengan menentukan tipe file system, allocation unit size, dan volume label. Klik Next.


  11. Klik Finish. Harddisk berhasil dipartisi.
Demikianlah tutorial cara membuat partisi harddisk di Windows 7, untuk menghapus kembali lihat pada Menghapus Partisi Harddisk pada Windows 7. SEMOGA BERMANFAAT!!!
Silahkan tinggalkan komentar berupa pertanyaan, kritik dan saran yang membangun.


Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment