Saturday 31 August 2013

Daftar Istilah Jaringan Komputer I

Apakah anda ingin mengetahui penjelasan singkat mengenai istilah-istilah dalam jaringan komputer? OK, pada bahasan kali ini saya akan berbagi mengenai istilah-istilah pada jaringan komputer. Daftar istilah ini saya tujukan sebagai langkah awal untuk mempelajari jaringan. Supaya tidak mudah lupa, maka saya mendokumentasikannya pada blog ini. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang membutuhkan.

Berikut ini istilah-istilah jaringan komputer dan penjelasannya:

10Base2
Spesifikasi Ethernet 802.3 untuk medium fisik berupa kabel koaksial tipis. Angka 10 menunjukkan bandwidth, yaitu 10 Mbps. Base menunjukkan transmisi pada pita baseband. Angka 2 menunjukkan panjang maksimum kabel 200m (untuk teori, batasan sebenarnya yaitu 185m).

10Base5
Spesifikasi Ethernet 802.3 untuk medium fisik berupa kabel koaksial tebal. Angka 10 menunjukkan bandwidth, yaitu 10 Mbps. Base menunjukkan transmisi pada pita baseband. Angka 5 menunjukkan panjang maksimum kabel 500m.


10BaseT
 Spesifikasi Ethernet 802.3 untuk medium fisik berupa kabel twisted-pair. Angka 10 menunjukkan bandwidth, yaitu 10 Mbps. Base menunjukkan transmisi pada pita baseband. Huruf T menunjukkan tipe twisted-pair.

Address Resolution Protocol (ARP) --- Protokol Resolusi Alamat
Sebuah protokol di dalam keluarga TCP/IP yang berfungsi mengaitkan, atau mengkorelasikan, alamat jaringan logika sebuah perangkat dengan alamat fisiknya.

Alamat IP
Sebuah nomor yang terdiri dari empat kelompok bilangan, yang antara satu sama lainnya dipisahkan oleh sebuah tanda titik, untuk merepresentasikan alamat numerik sebuah komputer atau perangkat lainnya yang tersambung ke sebuah jaringan berbasis TCP/IP, misal: Internet.

Alamat Loopback
Sebuah alamat IP dengan bilangan 127 di oktet pertamanya, dan tidak dapat dipergunakan sebagai alamat host di dalam sebuah jaringan. Digunakan untuk menguji stack protokol TCP/IP pada sebuah komputer tanpa mengirimkan informasi keluar dari komputer itu (ke jaringan).

Analog
Teknologi transmisi sinyal yang digunakan pada jaringan-jaringan broadband. Tipe sinyal ini mengandalkan gelombang-gelombang analog untuk membawa data digital dalam proses transmisi. Transmisi dengan sinyal analog butuh sebuah peralatan konverter  digital-ke- analog (DAC) untuk mengkonversi data digital menjadi sinyal-sinyal analog, dan sebuah peralatan konverter analog-ke-digital (ADC) diperlukan untuk mengembalikan data tersebut ke dalam bentuk digital.



Application Programming Interface (antarmuka pemrograman aplikasi – API)
Komponen-komponen elementer yang membentuk sebuah aplikasi software, meliputi routine-routine, protokol-protokol,  dan berbagai piranti (tools).

Asynchronous Transfer Mode (ATM)
Teknologi jaringan yang berbasiskan penggunaan paket-paket dengan ukuran yang tetap, atau disebut juga sel. Ukuran tetap sel-sel ini memungkinkan stabilitas transmisi yang tinggi, yang sangat dibutuhkan untuk pemindahan data berukuran besar, misalnya video dan audio.

Atenuasi
Pelemahan, atau redaman, yang dialami sebuah sinyal, ketika merambat di dalam sebuah medium transmisi.

Bandwidth (lebar pita frekuensi)
Jumlah data yang dapat dipindahkan melalui sebuah medium transmisi.

Baseband (pita dasar)
Teknologi transmisi sinyal yang digunakan untuk mengirimkan sinyal-sinyal digital melalui sebuah medium komunikasi. Sinyal-sinyal baseband terbentuk dari tegangan-tegangan listrik dengan level yang bervariasi, guna mengindikasikan bit-bit 1 dan 0.

Baseline
Tolok ukur kinerja sebuah jaringan menurut waktu, yang dapat digunakan untuk mendiagnosa atau melakukan troubleshooting terhadap berbagai permasalahan jaringan.

Boarder Gateway Protocol (BGP)
Sebuah protokol dari keluarga TCP/IP yang memungkinkan dilakukannya komunikasi informasi routing di antara router-router di dalam jaringan.

Bridge
Perangkat hardware jaringan yang digunakan untuk menyambungkan dua buah LAN, atau segmen LAN. Sebuah bridge beroperasi pada lapisan Jalur-Data dari Model Referensi OSI.

Broadband
Sebuah teknologi transmisi sinyal, di mana sebuah medium transmisi dapat dilalui oleh banyak sinyal secara bersamaan, atau dengan kata lain memuat banyak medium komunikasi.

Selamat belajar kawan, bila ada istilah yang salah mohon diluruskan pada bagian komentar ya. Saya juga masih belajar nih...

Referensi:
Tittel, Ed. 2004. Computer Networking-Schaum's Outlines. Jakarta: Erlangga.

Artikel Terkait

1 comment: