Ok guys, belajar lagi yah. Saya lanjutkan lagi nih edisi istilah jaringannya. Tulisan ini adalah lanjutan dari posting saya sebelumnya. Part III ini merupakan bagian terakhir dari kumpulan istilah jaringan. Istilah-istilah ini saya ambil dari buku Schaum. Ok, langsung saja yah..
Istilah Jaringan Komputer Part III:
Media Access Control (kontrol akses
medium - MAC)
Salah satu di antara dua sub-lapisan pada lapisan
Jalur-Data model OSI. MAC bertugas memindahkan paket-paket keluar dari dan
masuk ke jaringan (atau segmen jaringan).
Medium
Sarana aktual (baik berupa kabel, radio, maupun
gelombang mikro) yang digunakan untuk menghantarkan sinyal-sinyal data ke
jaringan.
Mesh
Sebuah topologi hybrid,
di mana semua komputer di dalam jaringan saling tersambung ke satu sama
lainnya; dimaksudkan untuk menyediakan koneksi anti-kegagalan (fault-tolerant) di seluruh jaringan.
Network Access Point (titik akses
jaringan – NAP)
Bagian dari backbone
Internet, di mana ISP-ISP (Internet
Service Provider) dapat saling berbagi informasi routing dan pengalamatan secara peer-to-peer.
Open Shortest Path First (OSPF)
Bagian dari keluarga TCP/IP. Protokol ini adalah
protokol routing link-state, yang
menentukan ‘jalur terbaik’ melalui mana sebuah paket dapat dikirimkan dari
terminal asal ke terminal tujuan di dalam jaringan.
Open System Interconnection (interkoneksi
sistem terbuka – OSI)
Sebuah standar yang menjabarkan sebuah model
konseptual untuk pembentukan jaringan komputer, dikenal dengan nama Model
Referensi Jaringan OSI (Spesifikasi OSI 7498). Model ini memandang sebuah
jaringan komunikasi terbagi atas tujuh lapisan: Aplikasi, Presentasi, Sesi,
Transpor, Jaringan, Jalur-Data, dan Fisik.
Paket
Bentuk ‘kemasan’ (meliputi format dan organisasi)
standar yang digunakan untuk mengirimkan data melalui jaringan.
Peer-to-peer
Sebuah teknik jaringan, di mana semua komputer yang
ada di dalam jaringan berperan sebagai client
sekaligus sebagai server.
Penyambungan
berbasis paket (packet switching)
Sebuah metode transmisi, paket-paket dikirimkan
melalui jalur-jalur yang tidak tetap di dalam jaringan.
Point-to-point Protocol (PPP)
Sebuah protokol dari keluarga TCP/IP. PPP
menyediakan banyak pilihan dan fitur, termasuk di antaranya pengelolaan alamat
IP, multiplexing otentikasi, selain
itu juga fitur-fitur manajemen jaringan seperti konfigurasi, pengujian, deteksi
error, dsb. Protokol ini biasanya
digunakan oleh PC-PC dengan modem untuk membangun sambugan dial-up ke Internet atau ke jaringan privat perusahaan.
Protocol Data Unit (unit data
protokol – PDU)
Satu unit kemasan data yang terdiri dari sebuah header – yang didefinisikan oleh
protokol yang digunakan – dan diikuti dengan berbagai data aplikasi.
Redirector
Sebuah komponen software di dalam sebuah keluarga
protokol, yang bertugas menerima permintaan-permintaan layanan dari berbagai
aplikasi, dan menentukan apakah layanan ini bersifat lokal atau jarak jauh (remote).
Repeater
Sebuah perangkat hardware yang digunakan untuk
memperkuat kembali daya sinyal-sinyal yang merambat di dalam medium transmisi.
Reverse Address Resolution Protocol (protokol
resolusi-balik alamat – RARP)
Sebuah protokol dari keluarga TCP/IP yang
menjalankan fungsionalitas resolusi-balik, yaitu dari alamat-alamat fisik menjadi
alamat-alamat IP.
Router
Sebuah perangkat
hardware yang bekerja pada lapisan 3 (jaringan), yang berfungsi menghubungkan
jaringan-jaringan yang berbeda (baik medium fisik maupun arsitekturnya), dan
berperan sebagai mediator di antara jaringan-jaringan tersebut. Misalnya, Token
Ring dan Ethernet.
Routing
Information Protocol (protokol
informasi routing – RIP)
Bagian dari
keluarga TCP/IP, protokol ini berperan sebagai fasilitator untuk komunikasi
antar-router guna mempertukarkan informasi routing.
Simple Network
Management Protocol (protokol
manajemen jaringan sederhana – SNMP)
Sebuah protokol
dari keluarga TCP/IP. SNMP bertugas memantau host-host jarak jauh (remote)
di seantero sebuah jaringan TCP/IP.
Sistem operasi jaringan (Network Operating System – NOS)
Seperangkat
software yang memungkinkan sebuah komputer berkomunikasi di dalam jaringan.
Subnet
Sebuah segmen di
dalam sebuah jaringan.
Switch
Sebuah perangkat
jaringan yang mengelola koneksi-koneksi antar perangkat di dalam sebuah
jaringan bertopologi bintang.
Tipe Frame
Struktur sebuah
paket Ethernet. Terdapat empat buah standar yang mendefinisikan tipe-tipe
frame: Ethernet 802.3, Ethernet 802.2, Ethernet SNAP dan Ethernet II.
Kebanyakan jaringan secara otomatis dapat mengenali tipe frame dari paket yang
diterimanya.
Token Ring
Sebuah
arsitektur jaringan yang dikembangkan oleh IBM, berdasarkan skema token passing (pengoperan token) dan
topologi logika cincin.
Topologi Bintang (Star)
Sebuah topologi
jaringan, di mana komputer-komputer yang ada di dalam jaringan tersambung ke
sebuah simpul konsentrasi pusat (central
node), biasanya berupa sebuah hub.
Topologi Bus
Sebuah topologi
jaringan, di mana semua komputer yang ada di dalam LAN disambungkan ke sebuah
kabel jaringan utama (atau induk), yang dikenal juga sebagai backbone.
Topologi Cincin
Sebuah topologi
jaringan, di mana komputer-komputer yang ada di dalam jaringan tersambung satu
sama lainnya membentuk sebuah lingkaran tertutup.
Transmission
Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)
Keluarga
protokol yang paling dominan digunakan di seluruh dunia, dan sekaligus
merupakan standar untuk komunikasi via Internet.
Demikianlah kumpulan istilah jaringan bagian ke tiga ini. Bagian ini sekaligus mengakhiri edisi istilah jaringan. Selamat belajar guys.... Apabila terdapat istilah atau arti yang salah penyebutannya, mohon tulis di bagian komentar. Saya juga masih belajar jaringan ini. Trims atas perhatiannya.
Tittel, Ed. 2004. Computer Networking-Schaum's Outlines. Jakarta: Erlangga.
No comments:
Post a Comment