Monday 10 March 2014

Daftar Istilah Jaringan Komputer III



Ok guys, belajar lagi yah. Saya lanjutkan lagi nih edisi istilah jaringannya. Tulisan ini adalah lanjutan dari posting saya sebelumnya. Part III ini merupakan bagian terakhir dari kumpulan istilah jaringan. Istilah-istilah ini saya ambil dari buku Schaum. Ok, langsung saja yah..

Istilah Jaringan Komputer Part III:

Media Access Control (kontrol akses medium - MAC)
Salah satu di antara dua sub-lapisan pada lapisan Jalur-Data model OSI. MAC bertugas memindahkan paket-paket keluar dari dan masuk ke jaringan (atau segmen jaringan).

Medium
Sarana aktual (baik berupa kabel, radio, maupun gelombang mikro) yang digunakan untuk menghantarkan sinyal-sinyal data ke jaringan.

Mesh
Sebuah topologi hybrid, di mana semua komputer di dalam jaringan saling tersambung ke satu sama lainnya; dimaksudkan untuk menyediakan koneksi anti-kegagalan (fault-tolerant) di seluruh jaringan.


Network Access Point (titik akses jaringan – NAP)
Bagian dari backbone Internet, di mana ISP-ISP (Internet Service Provider) dapat saling berbagi informasi routing dan pengalamatan secara peer-to-peer.

Open Shortest Path First (OSPF)
Bagian dari keluarga TCP/IP. Protokol ini adalah protokol routing link-state, yang menentukan ‘jalur terbaik’ melalui mana sebuah paket dapat dikirimkan dari terminal asal ke terminal tujuan di dalam jaringan.

Open System Interconnection (interkoneksi sistem terbuka – OSI)
Sebuah standar yang menjabarkan sebuah model konseptual untuk pembentukan jaringan komputer, dikenal dengan nama Model Referensi Jaringan OSI (Spesifikasi OSI 7498). Model ini memandang sebuah jaringan komunikasi terbagi atas tujuh lapisan: Aplikasi, Presentasi, Sesi, Transpor, Jaringan, Jalur-Data, dan Fisik.

Paket
Bentuk ‘kemasan’ (meliputi format dan organisasi) standar yang digunakan untuk mengirimkan data melalui jaringan.

Peer-to-peer
Sebuah teknik jaringan, di mana semua komputer yang ada di dalam jaringan berperan sebagai client sekaligus sebagai server.

Penyambungan berbasis paket (packet switching)
Sebuah metode transmisi, paket-paket dikirimkan melalui jalur-jalur yang tidak tetap di dalam jaringan.

Point-to-point Protocol (PPP)
Sebuah protokol dari keluarga TCP/IP. PPP menyediakan banyak pilihan dan fitur, termasuk di antaranya pengelolaan alamat IP, multiplexing otentikasi, selain itu juga fitur-fitur manajemen jaringan seperti konfigurasi, pengujian, deteksi error, dsb. Protokol ini biasanya digunakan oleh PC-PC dengan modem untuk membangun sambugan dial-up ke Internet atau ke jaringan privat perusahaan.

Protocol Data Unit (unit data protokol – PDU)
Satu unit kemasan data yang terdiri dari sebuah header – yang didefinisikan oleh protokol yang digunakan – dan diikuti dengan berbagai data aplikasi.

Redirector
Sebuah komponen software di dalam sebuah keluarga protokol, yang bertugas menerima permintaan-permintaan layanan dari berbagai aplikasi, dan menentukan apakah layanan ini bersifat lokal atau jarak jauh (remote).

Repeater
Sebuah perangkat hardware yang digunakan untuk memperkuat kembali daya sinyal-sinyal yang merambat di dalam medium transmisi.

Reverse Address Resolution Protocol (protokol resolusi-balik alamat – RARP)
Sebuah protokol dari keluarga TCP/IP yang menjalankan fungsionalitas resolusi-balik, yaitu dari alamat-alamat fisik menjadi alamat-alamat IP.

Router
Sebuah perangkat hardware yang bekerja pada lapisan 3 (jaringan), yang berfungsi menghubungkan jaringan-jaringan yang berbeda (baik medium fisik maupun arsitekturnya), dan berperan sebagai mediator di antara jaringan-jaringan tersebut. Misalnya, Token Ring dan Ethernet.

Routing Information Protocol (protokol informasi routing – RIP)
Bagian dari keluarga TCP/IP, protokol ini berperan sebagai fasilitator untuk komunikasi antar-router guna mempertukarkan informasi routing.

Simple Network Management Protocol (protokol manajemen jaringan sederhana – SNMP)
Sebuah protokol dari keluarga TCP/IP. SNMP bertugas memantau host-host jarak jauh (remote) di seantero sebuah jaringan TCP/IP.

Sistem operasi jaringan (Network Operating System – NOS)
Seperangkat software yang memungkinkan sebuah komputer berkomunikasi di dalam jaringan.

Subnet
Sebuah segmen di dalam sebuah jaringan.

Switch
Sebuah perangkat jaringan yang mengelola koneksi-koneksi antar perangkat di dalam sebuah jaringan bertopologi bintang.

Tipe Frame
Struktur sebuah paket Ethernet. Terdapat empat buah standar yang mendefinisikan tipe-tipe frame: Ethernet 802.3, Ethernet 802.2, Ethernet SNAP dan Ethernet II. Kebanyakan jaringan secara otomatis dapat mengenali tipe frame dari paket yang diterimanya.

Token Ring
Sebuah arsitektur jaringan yang dikembangkan oleh IBM, berdasarkan skema token passing (pengoperan token) dan topologi logika cincin.

Topologi Bintang (Star)
Sebuah topologi jaringan, di mana komputer-komputer yang ada di dalam jaringan tersambung ke sebuah simpul konsentrasi pusat (central node), biasanya berupa sebuah hub.

Topologi Bus
Sebuah topologi jaringan, di mana semua komputer yang ada di dalam LAN disambungkan ke sebuah kabel jaringan utama (atau induk), yang dikenal juga sebagai backbone.

Topologi Cincin
Sebuah topologi jaringan, di mana komputer-komputer yang ada di dalam jaringan tersambung satu sama lainnya membentuk sebuah lingkaran tertutup.

Transmission Control Protocol/Internet Protocol (TCP/IP)
Keluarga protokol yang paling dominan digunakan di seluruh dunia, dan sekaligus merupakan standar untuk komunikasi via Internet.

Demikianlah kumpulan istilah jaringan bagian ke tiga ini. Bagian ini sekaligus mengakhiri edisi istilah jaringan. Selamat belajar guys.... Apabila terdapat istilah atau arti yang salah penyebutannya, mohon tulis di bagian komentar. Saya juga masih belajar jaringan ini. Trims atas perhatiannya.

Referensi:
Tittel, Ed. 2004. Computer Networking-Schaum's Outlines. Jakarta: Erlangga.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment